Memulai Bisnis Dengan Modal Terbatas

Mendirikan usaha sendiri menjadi pilihan bagi banyak orang saat ini, terutama anak mudah yang memang sangat tertarik untuk menjalankan bisnis. Fasilitas yang tersedia saat ini juga sangat mendukung untuk menjalankan sebuah bisnis. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa internet saat ini dapat diakses dengan sangat mudah oleh siapa pun. Bagi mereka yang berniat mendirikan dan memiliki ide bisnis, akan sangat bagus jika memanfaatkan internet untuk melakukannya. Dengan menggunakan internet, bisnis bisa dijalankan dengan lebih mudah. Selain itu, internet juga merupakan fasilitas terbaik untuk melakukan segala bentuk promo untuk memasarkan bisnis yang baru dimulai.

Permasalahan Yang Sering Muncul Sebelum Memulai Bisnis

Banyaknya bisnis yang didirikan setiap harinya membuat persaingan bisnis semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Strategi dan ide fresh sangat dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan dan bersaing dengan baik. kurangnya pengetahuan tentang bisnis juga akan sangat berpengaruh pada perjalanan dan perkembangan bisnis yang akan dijalankan nantinya. Oleh karena itu, pemula harus banyak belajar tentang teori dan belajar langsung dengan mempraktekan secara langsung bagaimana cara mengatur dan mengurus bisnis dengan baik. dengan demikian, mereka dapat menentukan langkah apa yang seharusnya mereka ambil ketika terjadi permasalahan pada bisnis yang mereka jalankan.

Selain persaingan yang semakin berat dan kurangnya informasi serta pengalaman, permasalahan modal juga menjadi salah satu masalah paling umum yang sering dihadapi oleh mereka yang akan menjalankan bisnis. Rencana dan ide bisnis yang cemerlang tak jarang harus kandas karena ketiadaan atau keterbatasan modal untuk memulai usaha. Alhasil, perencanaan bisnis yang telah disusun tak dapat direalisasikan. Mendapatkan modal sendiri dari uang tabungan memang memungkinkan, tapi kebanyakan pelaku bisnis baru akan melakukan pinjaman uang ke bank atau tempat lain untuk memenuhi modal usaha yang dibutuhkan.

Padahal, keputusan demikian dirasa kurang tepat karena akan ada bunga yang lumayan besar yang harus mereka bayarkan setiap bulannya. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, sementara pendapatan bisnis masih belum jelas, maka bisa sangat membahayakan kondisi finansial bisnis dan mereka sendiri. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika pelaku bisnis memanfaatkan saja modal yang tersedia dengan menggunakannya untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan. Ada banyak jenis bisnis yang bisa diawali dengan modal kecil, hanya kurang dari 5 juta rupiah untuk mulai menjalankannya.

Beberapa Bisnis Dengan Modal Kecil

  1. Bisnis Katering

Memiliki modal yang sangat terbatas bukanlah suatu hambatan untuk berhenti menjalankan bisnis. Bahkan, jika kita hanya memiliki uang kurang dari 5 juta rupiah, kita masih bisa menggunakannya untuk menjalankan bisnis. Terlebih bagi mereka yang memiliki keahlian dan hobi memasak, bisa memanfaatkan kemampuan mereka untuk menjalankan bisnis catering rumahan. Manfaatkan skill memasak Anda untuk memasak makanan sehat nan lezat yang akan disukai oleh banyak lidah. Bisnis catering banyak dicari ketika suatu acara berlangsung. Seminar, sidang, hajatan, pesta, dan acara lainnya, biasanya akan menggunakan catering sebagai menu makan berat mereka. Katering memang lebih banyak dicari karena memang lebih simple dan mudah penyajiannya.

  1. Bisnis laundry

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan setiap hari, membuat banyak orang, khususnya pekerja dan mahasiswa yang tak sempat mencuci pakaian mereka. Alhasil, banyak di antara mereka yang menggunakan jasa laundry pakaian. Memulai bisnis laundry pakaian bisa dimulai di rumah dengan cukup menyediakan satu mesin cuci, setrika, sabun, dan pengharum pakaian. Jika ditotal secara keseluruhan, modal 5 juta rupiah sangat cukup untuk memula bisnis yang satu ini. Namun, harus selalu diingat bahwa pelaku bisnis harus melakukan semua pekerjaan sendiri, karena ketiadaan modal sehingga tak mampu untuk memperkerjakan orang lain.

  1. Souvenir wisuda

Bagi Anda yang menyukai kegiatan kreatif seperti melipat kertas, membungkus kado, dan menjahit, bisnis souvenir wisuda juga bisa dijadikan pilihan yang tepat. Berbagai jenis souvenir wisuda mulai dari bunga flannel, boneka dari kain flannel, dan souvenir lainnya akan sangat dicari menjelang hari kelulusan. Sudah menjadi tradisi jika wisudawan nantinya akan mendapat banyak hadiah di hari wisuda mereka dengan segala kerajinan lucu khas wisuda. Membuka usaha ini juga bisa dimulai dari modal terbatas, asal menjalankannya dengan sabar dan konsisten.

Bisnis semacam ini akan sangat berpotensi di daerah sekitar kampus karena mahasiswa biasanya akan mencari hadiah untuk teman mereka yang telah berhasil melalui sidang dengan baik. Tak perlu langsung membuka toko jika modal yang dimiliki sangat terbatas karena bisnis ini bisa dilakukan secara online. Pasarkan bisnis kerajinan Anda melalui media sosial, dan pajang foto-foto dari karya terbaik Anda. Respons dengan cepat setiap kali ada yang menanyakan atau melakukan pemesanan secara online. Dan pasang harga yang wajar untuk kerajinan yang Anda jual agar konsumen tidak kabur begitu mengetahui harga produk Anda.